Rabu, 15 Februari 2012

Gending Jawa

Gending Jawa memilki filsafat tinggi dengan gaya bertutur Khas jawa,untuk Gending gending dibawah ini diambil dari serat Wedhatama.
Berisi Pitutur Pendidikan,Budi Pekerti,Agama,Tingkah laku dan banyak Nasehat yang berguna bagi Kawula Muda Orang Tua Anak anak dan semua Masyarakat baik Kalangan Bawah maupun Kalangan atas (elite).
Simak saja kata demi katanya , rasakan dan Anda akan terharu ....oleh karenanya

Gending Jawa Nyamleng

Gending Jawa. Bilamana anda mendengarkan gegendingan suara gamelan, rasanya semua kekalutan, kegundahan, stress dan pikirn yang sang ruwet, seakan sirna tersapu oleh alunan suara yang menyejukkan dan hati menjadi tenang, adem ayem. Ini sebagaimana alunan sinom parijatha, pangkur, caping gunung dan srepegan palaran.

Pangkur versi jenggleng
Sinom Parijatha jengglengan
Sinom Parijatha Pl. 6
Sinom Parijatha Sl. 9
Srepeg Sekar Pangkur
Sekar Dandanggula

Pangkur Jenggleng

Gending Jawa. Anda yang saat ini masih remaja mungkin tidak pernah atau belum pernah mendengar kata kata Pangkur Jenggleng (maaf kalau yang sudah pernah atau malah mencintai Pangkur Jenggleng ini)
Pangkur Jenggleng adalah Gending Pangkur yang di buat sedemikian rupa sehingga Gending pangkur ini sangat meriah (dengan tabuhan gendang yang sangat ekspresif serta rancak sekali)
Pangkur Jenggleng ini sangat Pas dibawakan oleh Basiyo Tokoh Kondang Pelawak dari Yogyakarta (?).

Gending Jawa. Bahkan dalam Dagelannya Basiyo mengatakan kalau Pangkur Pangkur Jenggleng ini adalah Lagu Jazz Versi Jawa.
Hal ini dikarenakan tidak mengikuti Not namun lebih mengikuti improvisasi dari Pemain pemainnya.

Gending Jawa. Sebagai Orang Jawa yang Katanya sudah diabad komputer rasanya seni budaya ini jangan pernah kita tinggalkan,serta cabalah sesekali mendengarkan.
Untuk itu saya sengaja menyajikan gending ini yang saya ambil dari serat wedhatama agar tidak punah dan sebagai bentuk kecintaan saya terhadap budaya Jawa.

Pengertian Gending Jawa adalah alunan musik atau irama yang disajikan dalam bahasa Jawa. Gending Jawa bisa berupa gendinggiro, macapat, karawitan, campusari, maupun uyon-uyon.

Bagi yang berminat dengan koleksi gending Jawa, berikut ini ada listnya, silahkan di download gending Jawa nya di blog http://campursarimp3.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar